Keyakinan dan Tekat

Menjadi seorang pencipta atau berkarya apa saja kita membutuhkan sebuah tekat yang sangat besar dimana kita sering dihinggapi keragu raguan dalam bertidak sehingga apa yang kita jalani dan kita capai menjadi kurang maksimal dan tidak memuaskan, sering beberapa pertanyaan dalam benak yang membuat kita menjadi ragu ragu dalam berkarya, bagaimana nanti orang menikmati karya kita?, mereka mencemooh gak ya?, pantas gak ya karya yang kita ciptakan?, atau masih ada pertanyaan pertanyaan yang lain.

Buang semua pertanyaan itu dari benak kita maka langkah yang kita tempuh akan menjadi lebih ringan dan cepat, seperti ketika Einstien menemukan teori relatifitas sampai akhirnya menemukan bom atom dulunya dikatakan sebagai anak ediot karena orang orang sekitarnya tidak mampu mengerti dengan apa yang difikirkan Einstien, bahkan dia dulu dikatakan sebagai orang gila, lebih parah lagi yang dialami Phytagorasyang kita kenal dengan rumus segitiga siku siku, Phytagoras dipenggal kepalanya ketika sedang menyelesaikan rumusnya dan rumus serta teorinya dipakai umum setelah seratus tahun kematiannya, begitu juga yang dialam oleh para penemu penemu atau tokoh tokoh yang lain, mereka selalu mendapat cemoohan sampai penemuan mereka bisa diterima oleh umum. Akhirnya Einstien yang ediot, gila dan gak sekolah malah menjadi Dosen, hal yang hampir sama juga dialami oleh tokoh tokoh yang lain.

Bisakah kita mendapat peringkat seperti tokoh tokoh dunia semacam Einstien atau Phytagoras atau tokoh yang lain, jawabannya adalah bisa, asalkan kita mau, dan beberapa tip untuk itu adalah:

  • Yakinlah bahwa kita bisa melakukan yang terbaik, di sini bukan berarti kita sombong tapi paling tidak terbaik bagi kita sendiri, biarkan cemoohan yang datang toh yang mencemooh juga belum tentu bisa atau bahkan tidak bisa sama sekali.
  • Miliki tekat yang kuat untuk sukses, jangan menyerah ketika terjadi kegagalan atau kesalahan, dalam sebuah percobaan kegagalan dan kesalahan sudah biasa namun jangan mau jika terlalu sering salah juga harus hati hati agar tidak terjadi kesalahan atau kegagalan.
  • Jangan pernah merasa puas dengan hasil karya yang telah kita buat, karena jika sudah puas maka selesailah sudah keinginan yang kita miliki.
  • Berkaryalah secara ikhlas, dengan keikhlasan maka kita akan berkarya secara sungguh sungguh, bukan hanya berdasarkan sebuah imbalan.
  • Jangan menunda sebuah ID, begitu tertunda maka ID tersebut akan menguap bersama hayalan tentang kesuksesan yang kita raih, tapi hanya sebuah hayalan.
  • Bersukurlah dengan apa yang kita miliki, karena Tuhan memberikan kepada kita sesuatu yang berbeda dan terbaik bagi kita.
Selamat berjuang, sukses selalu :)

Digg Twitter Facebook
Home