Makanan Pencegah Sakit Perut

Jalan Sutra- Dibandingkan pria, ternyata wanita lebih sering mengalami gangguan pencernaan. Entah itu kembung, diare, hingga kram perut. Meski tampak sepele, nyatanya ini bisa menjadi masalah yang mengganggu aktivitas kerja. Untuk mengatasinya, Anda bisa mengandalkan beberapa jenis makanan ini.

Pisang
Selain menghasilkan energi, pisang juga memiliki manfaat untuk mengatasi gangguan pencernaan. Dilansir Shape, kandungan pada pisang, yakni pektin dapat memberbaiki sistem metabolisme tubuh untuk membantu melancarkan proses pembuangan.

Pepaya
Kandungan airnya dipercaya baik untuk pencernaan, terutama untuk menghilangkan sembelit yang biasa kita alami pada pagi hari. Salah satu enzimnya, papain, juga mampu memecah protein dalam tubuh.

Jahe
Dalam sebuah penelitian, jahe ternyata mampu bekerja sebagai obat anti mual. Khasiatnya  juga dapat meningkatkan kesehatan pencernaan secara keseluruhan. Untuk mengonsumsinya, Anda dapat menyeduh irisan jahe ini pada teh, atau mencampurkannya pada masakan sebagai bumbu.

Teh herbal
Kandungan peppermint dan chamomile dalam teh, bekerja untuk mengatasi gangguan pada lambung. Sebuah studi terbaru juga menunjukkan bahwa peppermint dapat mengaktifkan salah satu saluran dalam usus besar,  meredakan rasa mual dan meringankan sakit pada perut. 

Digg Twitter Facebook
Home