Awas Flu bisa picu serangan Jantung

Flu yang biasa dianggap penyakit yang tidak begitu berbahaya bisa memicu munculnya serangan jantung. Para penderita jantung mesti berhati-hati bila terserang flu. Sebab, berdasarkan studi terbaru, virus flu dapat memicu serangan jantung. Di tengah-tengah merebaknya kasus flu babi, sejumlah ilmuwan memperingatkan agar para pengidap penyakit jantung segera mendapat vaksin flu babi guna mencegah gangguan kesehatan yang lebih parah. Terlebih saat musim penyebaran flu mulai datang.


Peringatan tersebut diberikan pasca-analisis terhadap 39 kasus pasien jantung. Para ilmuwan menemukan adanya kaitan yang erat antara penyakit flu dengan serangan jantung. Lebih dari setengah kematian pasien flu disebabkan karena serangan jantung. "Kesimpulan ini cukup kuat dan logis. Salah jika diabaikan begitu saja", ujar Ralph Brindis, Wakil Ketua American College of Cardiology, seperti dikutip Associated Press, belum lama ini.

Para peneliti telah lama mengetahui flu dapat memperburuk kondisi kesehatan seseorang. Virus flu dapat mengakibatkan peradangan dalam tubuh, khususnya organ paru-paru. Pasien jantung adalah salah satu yang paling rentan selama pandemi flu. Pada pasien jantung, virus dapat menimbulkan pembengkakan di sekitar jantung atau arteri yang menimbulkan gumpalan. Inilah menyebabkan serangan jantung.

Hanya saja, para ahli belum mengetahui secara pasti temuan itu juga berlaku untuk orang yang tidak memiliki riwayat penyakit jantung. Kemungkinan itu bisa muncul, terutama bila orang tersebut memiliki riwayat tekanan darah tinggi atau kegemukan


Digg Twitter Facebook
Home