Manfaat Musik bagi Janin

Jalan Sutra- Musik bisa mengubah suasana hati seseorang tak terkecuali bagi ibu hamil. Bahkan, dikatakan dengan mendengarkan musik yang menenangkan, baik pikiran bayi atau si ibu akan merasa damai. Selain itu, ada manfaat tak terduga lainnya lho yang bisa didapat ketika ibu hamil rajin mendengarkan musik.


Dikutip dari Boldsky,  ini dia manfaat tak terduga mendengarkan musik saat ibu sedang mengandung bagi perkembangan buah hati:

1. Meningkatkan kemampuan mendengar anak
Mendengarkan musik saat ibu mengandung dikatakan bisa meningkatkan kemapuan mendengar dan keterampilan konsentrasi bayi. Sebab, saat mendengar musik yang 'ditransfer' ibu melalui earphone, bayi bisa merasakan suara dan bereaksi terhadap suara tersebut.

2. Meningkatkan respons gerak bayi
Bayi memang senang bereaksi dan bergerak terhadap beberapa suara. Dengan rutin mendengarkan berbagai jenis musik, bayi bisa memiliki aneka gerakan yang ia laukan sebagai bentuk respons mendengarnya. Atau, Anda bisa rajin-rajin bepergian keluar rumah agar si kecil bisa mendengar berbagai jenis suara di lingkungan sekitar. Tapi pastikan jangan memberi si kecil suara terlalu bising ya Bunda.

3. Membantu membentuk kepribadian
Dikatakan jika mendengar musik saat hamil berpengaruh pada pembentukan kepribadian anak. Misalnya dengan rutin mendengar musik 'melo' maka anak akan terbiasa untuk tenang dan kalem. Sebaliknya, jika Anda gemar mendengarkan musik berirama cepat, bayi cenderung lebih ceria dan lebih aktif.

4. Membantu bayi tertidur setelah ia lahir
Tak hanya selama masa kehamilan, efek mendengarkan musik juga terasa setelah bayi lahir. Ia bisa mengingat musik apa yang biasa diputar sang ibu. Jika terbiasa mendengar musik yang lembut saat di kandungan, ketika lahir dan diputarkan musik lembut akan membuat bayi lebih mudah terlelap karena ia teringat dengan masa-masa di kandungan.

Digg Twitter Facebook
Home