Web Indonesia Lebih Berbahaya dari pada Web Malaysia

Maraknya serangan malware di dunia maya pada situs situs web dari domain domain yang berasal dari berbagai negara ternyata Situs-situs web yang berdomain di Indonesia (.id) bukan yang paling aman di kawasan Asia Tenggara. Domain .id ternyata lebih berbahaya dibandingkan domain dari Malaysia (.my).


Demikian hasil riset terbaru yang dilakukan McAfee bertajuk Mapping the Mal Web. Dalam laporan tersebut, domain Indonesia secara umum berada di peringkat ke-56 dunia. Tingkat risiko serangan malware terhadap situs-situs web .id sekitar 0,6 persen. Sementara itu, situs-situs web Malaysia ada di peringkat ke-80 dengan tingkat risiko serangan 0,3 persen.

"Sebagian besar web relatif aman untuk dikunjungi, tetapi beberapa di antaranya mengandung risiko, apakah yang datang dalam bentuk yang relatif ringan seperti pop up, atau sesuatu yang lebih berbahaya, seperti malware yang memberikan akses kepada hacker untuk "melihat" segala sesuatu yang Anda ketik," demikian McAfee.

Dari 7 negara Asia Tenggara yang diteliti, Filipina berada di urutan teratas. Mereka bahkan menembus Top 10 dunia karena ada di urutan ke-6. Tingkat risiko domain situs Filipina mencapai 13,1 persen. Setelah Filipina, menyusul Singapura, Laos, Thailand, Vietnam, Indonesia, dan Malaysia.

Berikut daftar domain web paling berbahaya di Asia Tenggara:
1. Filipina (.ph) - 13,1 persen.
2. Singapura (.sg) - 4,6 persen.
3. Laos (.la) - 1,6 persen.
4. Thailand (.th) - 1,1 persen.
5. Vietnam (.vn) - 0,9 persen
6. Indonesia (.id) - 0,6 persen.
7. Malaysia (.my) - 0,3 persen.

Sementara itu dari penelitian McAfee di seluruh dunia, dari sekian domain web di seluruh dunia, situs web yang berdomisili di Kamerun (.cm) menduduki peringkat teratas domain web paling berbahaya. Tahun sebelumnya posisi tersebut dipegang Hongkong (.hk).

"Pelaku kriminal maya menargetkan daerah dengan biaya registrasi situs yang murah dan nyaman, dan paling kecil peluangnya ditangkap," ujar Mike Gallagher, Chief technology Officer McAfee Labs, dalam siaran persnya.

McAfee memperkirakan, .cm dipilih para pelaku kriminal karena mirip dengan .com sehingga jika korban salah ketik satu huruf bisa terjerumus ke alamat palsu yang telah disiapkan untuk menyebarkan spyware, adware, dan malware sejenis.

Domain Hongkong (.hk) sendiri turun jauh dari paling berbahaya tahun lalu menjadi pada urutan ke-34. Risiko bahaya di situs web Hongkong kini hanya 1,1 persen, padahal tahun lalu 20 persen.

Secara keseluruhan, domain komersial (.com) yang merupakan domain paling laku keras di dunia melompat dari posisi ke-9 domain paling berbahaya menjadi posisi ke-2 setelah .cm dengan tingkat risiko 32,2 persen. Sementara itu, domain web negara paling aman adalah Jepang (.jp) yang mempertahankan untuk kedua kalinya di posisi yang sama.

Peringkat domain negara paling berbahaya:
1. Kamerun (.cm) - 36,7 persen
2. China (.cn) - 23,4 persen
3. Samoa (.ws) - 17.8 persen
4. Filipina (.ph) - 13.1 persen
5. Soviet (.su) - 5,2 persen

Peringkat domian negara paling aman:
1. Jepang (.jp) - 0,1 persen
2. Irlandia (.ie) - 0,1 persen
3. Kroasia (.hr) - 0,1 persen
4. Luxemburg (.lu) - 0,1 persen
5. Vanuatu (.vu) - 0,2 persen





Digg Twitter Facebook
Home