Selingkuh Memicu Ejakulasi Dini pada Pria

Jalan Sutra- Pria yang sudah menikah dan berpengalaman dalam bercinta bisa mengalami ejakulasi dini. Penyebabnya? Karena pria tersebut selingkuh dari istrinya. Kenapa selingkuh bisa buat pria cepat 'keluar'? Simak penjelasannya di sini.

Menurut Psikolog Seksual, Zoya Amirin, salah satu penyebab pria mengalami ejakulasi dini setelah menikah karena dia berganti pasangan seks baru. Suami yang selingkuh dan melakukan hubungan seks dengan wanita lain lama-kelamaan akan menimbulkan rasa cemas yang berlebihan.

Namun bukan berarti semua pria yang ejakulasi dini setelah menikah berarti selingkuh. Perlu diperiksa lebih dulu faktor apa yang menyebabkan ejakulasi dini.

"Jika dia selingkuh, mungkin itu karena dia berganti pasangan seks, tapi bisa juga karena stres yang tiba-tiba atau masalah fisiknya," ujar Zoya kepada wolipop beberapa hari lalu di fX lifestyle X'nter, Senayan, Jakarta Selatan.

Dr Andri Wanananda, dokter yang mendalami masalah seksual memperkuat pernyataan Zoya di atas. Ia mengatakan, berganti pasangan memang dapat menyebabkan ejakulasi dini.

"Itu mungkin karena faktor psikis, kecemasan, kalau ganti pasangan ada kecemasan," tutur dokter sekaligus dosen di Fakultas Kedokteran Universitas Tarumanegara itu.

Perlu diingat, pasangan yang mengalami ejakulasi dini setelah menikah bertahun-tahun tidak berarti karena selingkuh. Bisa saja ada faktor psikis lain atau masalah fisik yang mempengaruhi ejakulasinya. Dr Andri menjelaskan, kebugaran tubuh dan penyakit juga dapat menyebabkan ejakulasi dini.

"Mungkin karena kebugaran seksualnya menurun biasanya sudah bertahun-tahun mulai timbul penyakit-penyakit kronis, seperti kencing manis, pembuluh darah, umurnya kan semakin bertambah," katanya kemudian.

Zoya menambahkan, ejakulasi dini yang terjadi pada pria menikah besar kemungkinan karena stres atau masalah fisik tertentu yang bisa menurunkan libidonya. Faktor yang paling tinggi mempengaruhi ejakulasi dini adalah karena stres pekerjaan.

"Paling tinggi karena stres pekerjaan. Biasanya laki-laki kalau sudah gagal sekali setelah sepuluh kali perform, besoknya (bisa) sembilan belas kali lebih gagal karena 'senewen' dia, satu kali gagal harga dirinya bisa rontok," papar Zoya.

Digg Twitter Facebook
Home