Manfaat Madu


Madu memang memang menakjubkan. Terlepas dari kandungan nutrisinya yang tinggi, madu mengandung senyawa unik yang tak memungkinkan bakteri tumbuh subur di dalamnya. Berikut adalah sejumlah keunggulan madu seperti dikutip dari laman Times of India.

Pelengkap menu diet

Madu sangat dianjurkan bagi mereka yang tengah menjalani program diet pelangsingan tubuh. Tambahkan madu dan lemon dalam segelas air hangat untuk menu sarapan.

Madu berperan sebagai pasokan energi tanpa menimbun lemak di tubuh. Rasa manis dari madu bisa menjadi pengganti gula untuk meningkatkan energi.



Antibakteri

Madu memiliki sifat antibakteri yang membantu memperbaiki sistem pencernaan. Madu juga mengandung protein defensin-1 untuk mengobati luka bakar dan infeksi kulit, serta untuk mengembangkan obat baru yang dapat memerangi infeksi resisten antibiotik.

Antitumor

Madu juga dikenal memiliki karsinogen, mencegah dan memiliki sifat antitumor yang dapat membantu dalam pencegahan kanker.

Obat batuk

Tambahkan beberapa satu sendok makan madu ke dalam jus jahe, dan konsumsi dua kali sehari untuk mengobati sakit tenggorokan.

Sembuhkan luka

Sifat antiseptik madu menghambat pertumbuhan bakteri tertentu dan membantu menjaga luka bersih dan bebas dari infeksi. Hal ini dapat digunakan sebagai obat alami dalam perawatan pertolongan pertama untuk luka bakar dan luka lainnya.

Madu bisa mempercepat proses penyembuhan. Sifat antibakteri madu mencegah infeksi dan berfungsi sebagai agen antiinflamasi, mengurangi pembengkakan dan rasa sakit, bahkan mencegah timbulnya jaringan parut.

Merawat kecantikan

Menerapkan madu pada wajah selama 10 sampai 15 menit sebelum dicuci dengan air hangat, bermanfaat menjaga kulit lentur dan tampak segar.

Untuk rambut, gunakan dua sendok madu dicampur air hangat untuk bilas usai keramas dengan sampo. Sentuhan madu akan menambah kemilau rambut.

Menambahkan satu atau dua sendok teh madu dengan secangkir teh chamomile sebelum tidur juga menjadi ramuan ampuh yang direkomendasikan untuk menenangkan saraf serta membantu tidur nyenyak.

Digg Twitter Facebook
Home