Penyebab Penuaan Dini


Terlepas dari disengaja atau tidaknya saat melewati perawatan kulit harian, berikut ini alasan umum yang bisa membuat penuaan dini pada kulit dan solusi sederhana untuk menjaga kulit agar awet muda, seperti dikutip dari msnbc.

Terlalu Lelah

"Macet, presentasi, meeting, lembur, ini hari yang panjang." Alasan tersebut sering kali menjadi kalimat pamungkas untuk membela diri karena tidak membersihkan muka setelah pulang kantor.

"Tidur dengan (wajah) kotor, minyak dan riasan menyebabkan jerawat dan pembesaran pori-pori," ujar Audrey Kunin, MD, instruktur klinik dermatologi di University of Kansas School of Medicine.

Anda bisa mencicil membersihkan muka. Lakukanlah sebelum Anda pulang kantor, sehingga sesampainya di rumah Anda tinggal membersihkan ulang wajah dengan air saja.


SPF
"Ini kan musim hujan, untuk apa tabir surya?" Meskipun setiap hari hujan membasahi kota, namun bukan berarti cahaya matahari tidak pernah masuk di musim hujan.

Sinar UVA, penyebab utama penuaan, menyinari bumi sepanjang tahun. Apalagi di daerah yang lapisan ozonnya sudah jauh menipis seperti di kota-kota besar.

Menurut Fredric Brandt, MD, dermatolog di New York dan Miami, Sinar UVA mampu menembus kaca. Hal ini semakin menjelaskan bahwa dimanapun sinar matahari masuk, kemungkinan besar sinar UVA juga memasuki ruangan tersebut.

Untuk mengatasi hal ini gunakan tabir surya (sun block) atau pelembab dengan SPF 30. Untuk proteksi maksimal, pilih produk yangmengandung avobenzone,Helioplex, Mexoryl, titanium dioxide atau zinc oxide.

Mahal
"Produk kecantikan yang cocok untuk saya, mahal!" Menjadi cantik dan awet muda tidak selalu mahal, ada beberapa solusi untuk masalah seperti ini.

"Lihat kandungan aktifnya, bukan label yang mahal," ujar David E. Bank, MD, asosiasi profesor dermatologi di Columbia University atau Rumah Sakit Presbyterian, seraya menjelaskan alasan ini tidak masuk akal.

Ada beberapa kandungan yang 'wajib' dimiliki oleh sebuha produk kecantikan yang baik. Kandungan tersebut adalah retinoids, AHAs, peptides, vitamin C, dan hydrators seperti hyaluronic acid.

Cara lain untuk mengakali budget yang mahal adalah dengan menggunakan bahan-bahan alami untuk merawat kulit. Ada banyak artikel tentang kecantikan dengan bahan alami di wolipop. Cara mengaplikasikannya juga cukup mudah.

Tidak Cocok
"Saya sudah mencoba berbagai macam produk, namun tidak ada yang bekerja dengan baik." Apakah Anda sudah bersabar? Perlu Anda ketahui bahwa sebuah produk akan memberikan hasil paling cepat delapan minggu.

Kulit Sensitif
"Exfoliating membuat kulit memerah dan iritasi." Menyingkirkan sel kulit mati akan menghaluskan kerutan dan mencerahkan kulit. Namun scrub yang agresif bisa membuat kulit kemerahan dan iritasi.

Pilihlah exfoliator kimia seperti asam glikolat. Hindari scrub dengan tekstur yang tidak rata seperti walnut shells. Gunakan scrub hanya sekali atau dua kali dalam seminggu.

Digg Twitter Facebook
Home