Membersihkan Noda dengan Soda Kue


Soda kue (sodium bikarbonat) dan soda cuci (sodium karbonat), tak hanya berfungsi untuk menyerap bau. Keduanya juga bisa dimanfaatkan sebagai pembersih.

Pembuka kaleng
Kotoran yang menempel pada alat pembuka kaleng bisa dibersihkan dengan soda kue. Caranya, buat larutan kental dengan mencampurkan dua sendok teh soda kue dengan satu sendok makan air. Lalu, ambil sikat gigi bekas, dan celupkan ke dalam larutan kental soda kue tadi.
Gosokkan pembuka kaleng dengan sikat gigi yang diberi larutan soda kue untuk menghilangkan kotoran yang menempel.

Lantai garasi
Tuangkan soda cuci secukupnya di atas minyak atau noda minyak yang mengotori lantai. Lalu siram dengan air hingga kondisinya mengental. Diamkan semalaman. Keesokan harinya, gosok lantai dengan sikat basah, semprotkan dengan air dan bersihkan.

Alat berkebunSiapkan sikat dengan bulu keras lalu basahi dengan air. Celupkan sikat basah pada soda cuci. Lalu gosok alat berkebun seperti pemotong rumput dengan sikat yang sudah diberikan soda cuci tersebut. Bilas dengan air, lalu jemur alat yang sudah dibersihkan. Hindari penggunaan soda cuci untuk peralatan berbahan alumunium.

Alat panggang

Sisa minyak yang menempel pada peralatan memanggang bisa dibersihkan dengan soda cuci. Gosok alat pemanggang dengan sikat berbulu kasar yang sudah dibasahi dan dicampurkan dengan soda cuci.

Noda pada cangkir dan mug

Tuangkan soda kue dan air secukupnya ke dalam cangkir atau mug. Biarkan rendaman soda kue ini semalaman. Setelahnya, gosok dengan spons dan bilas.

Coretan krayon di dinding bercat putih

Dinding Anda penuh dengan gambar buatan si kecil? Bersihkan saja dengan soda kue. Caranya, campurkan soda kue dengan air hingga mengental. Aplikasikan larutan kental ini ke dinding berwarna putih. Biarkan mengering lalu gosok dengan kain bersih.

Digg Twitter Facebook
Home