Memuat...

Senin, 28 November 2011

Bahayanya Minuman Penambah Energi


Jalan Sutra- Berbagai jenis energy drink atau minuman penambah energi beredar luas, mulai dari minuman berbentuk cair atau dalam bentuk serbuk. Minuman-minuman tersebut menjanjikan memberi energi ekstra pada tubuh dalam waktu yang singkat, sehingga minuman ini laris diserbu para konsumen, terutama mereka yang banyak bekerja di lapangan.

Sekalipun dinilai ampuh memberi energi ekstra, seperti dilansir Raders Digest, minuman berenergi mengandung kafein, gula dan bahan tambahan lain yang lebih banyak merugikan tubuh dibandingkan manfaat singkat yang diberikan. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi minuman berenergi akan memberi efek negatif pada tekanan darah, denyut jantung dan fungsi otak,

Agar tidak kecanduan dan membahayakan kesehatan, inilah empat hal yang wajib Anda pertimbangkan saat akan mengonsumsi energy drink.

Gula Yang Sangat Banyak
Banyaknya kandungan gula yang ada di dalam minuman berenergi dapat menaikkan kadar gula dalam darah secara cepat, membuat masalah kesehatan rongga mulut dan menambah berat badan. Cek pada label kesehatan yang ada pada minuman berenergi, bandingkan dengan label kesehatan pada minuman bersoda, jumlah gula yang ada pada minuman berenergi jauh lebih banyak dibandingkan minuman bersoda pada umumnya.

Berbahaya Untuk Anak-Anak
Anak-anak yang dibiarkan mengonsumsi minuman berenergi akan mendapat pasokan gula dan kafein yang sangat banyak, mereka tidak membutuhkannya. Karena anak-anak dalam masa pertumbuhan, asupan minuman berenergi akan memberi efek yang lebih berbahaya dibandingkan risiko yang dimiliki orang dewasa, terlebih lagi untuk kesehatan anak-anak di masa yang akan datang. Jauhkan minuman berenergi dari anak-anak, ganti dengan jus buah buatan sendiri atau susu.

Memicu Dehidrasi
Sekalipun minuman berfungsi sebagai asupan air pencegah dehidrasi, minuman berenergi memberi efek sebaliknya. Dehidrasi adalah salah satu efek mengonsumsi minuman berenergi yang disebabkan tingginya kandungan gula dan kafein. Tubuh yang mengalami dehidrasi tidak akan bisa mencapai kinerja maksimal, entah bila Anda hanya duduk di depan komputer atau berolahraga. Karenanya, konsumsi banyak air mineral saat Anda mengonsumsi minuman berenergi untuk mencegah dehidrasi.

Anda Harus Bepikir Cerdas!
Sebelum Anda mengonsumsi minuman berenergi, kembali tanyakan pada diri Anda, benarkah Anda memerlukannya? Istirahat cukup, mengonsumsi makanan bernutrisi, cukup mengonsumsi air dan olahraga ringan adalah cara alami terbaik untuk mendapatkan energi dibandingkan minuman berenergi apapun. Semua energi alami itu akan membuat stamina terjaga sepanjang hari sekaligus menopang kesehatan yang lebih prima.                                








Digg Twitter Facebook
Home