Memuat...

Sabtu, 28 Juli 2012

Cara Mengatasi Migrain Tanpa Obat

Jalan Sutra- Jika Anda menderita migrain, tentu Anda akan langsung tahu gejalanya dan segera berusaha mencari peredanya. Kalaupun Anda menemukan obat yang cocok maka Anda akan terus memakainya.

Namun daripada Anda memakai berbagai jenis obat-obatan kimiawi untuk mengobati ataupun mencegah migrain, cobalah untuk menengok 13 pilihan alami untuk meredakan nyeri migrain yang telah disepakati para pakar seperti dikutip dari huffingtonpost, berikut ini.

Magnesium
Berdasarkan penelitian Alexander Mauskop, M.D., pakar neurologi dan direktur serta pendiri New York Headache Center, penderita migrain seringkali kekurangan magnesium dalam tubuhnya.

Satu studi menemukan konsumsi suplemen magnesium harian mengurangi frekuensi migrain hingga 42 persen. Namun menurut Mauskop, beberapa orang mengalami kesulitan menyerap magnesium sehingga memunculkan efek samping berupa diare, namun secara keseluruhan suplemen magnesium dianggap aman dengan dosis 200 miligram perhari.

Riboflavin
Riboflamin atau vitamin B yang bisa ditemukan secara alami dalam bahan makanan seperti susu, daging, kacang-kacangan dan sayuran hijau telah terbukti mampu mencegah migrain namun dalam dosis yang sangat tinggi sehingga membutuhkan resep dokter. Hal ini diungkap dalam sebuah studi pada tahun 1998.

Asam Lemak Omega 3
Satu dosis asam lemak yang sehat ini dapat melawan peradangan sehingga mampu mengatasi berbagai jenis sakit kepala dan migrain.

"Ada begitu banyak manfaat lain dari omega 3, bahkan jika asam lemak ini tak membantu mengatasi sakit kepala Anda, tetapi tak ada alasan untuk tidak mencobanya," ujar Mauskop.

Menghirup Bau Peppermint
Beberapa bau tertentu bisa memicu nyeri di kepala. Namun menghirup bau permen peppermint memiliki efek yang berbeda yaitu mengurangi nyeri, kata Mauskop.

"Namun manfaatnya sangat individual dan tidak bisa bekerja pada setiap orang," tambahnya. Tapi bisa jadi peppermint hanya menutupi bau-bau yang kurang menyenangkan dan bisa memicu terjadinya nyeri akibat migrain.

Jahe
Rempah-rempah ini telah lama dikenal mampu mengatasi gangguan pada perut dan meredakan mual akibat migrain, terang Mauskop. Berkat sifatnya yang anti-peradangan, jahe juga bisa meredakan nyeri akibat migrain.

Menggosok Pelipis
Mungkin tak ada riset tertentu yang mendukung manfaat dari gosokan lembut pada pelipis kepala saat migrain Anda kambuh, namun tak ada juga yang menyangkal jika metode ini membuat kepala terasa enak. Secara naluriah, orang-orang menggosok pelipisnya saat merasakan sakit kepala dan bagi sebagian orang metode ini memang efektif.

Pijat
Dengan metode yang sama dengan menggosok pelipis, pijat di seluruh tubuh juga dapat membantu mengatasi migrain. Lagipula pijat bisa meredakan stres atau ketegangan yang diketahui memicu sakit kepala.

Sebuah studi kecil menemukan bahwa penderita migrain rutin lama-lama mengalami sakit kepala lebih sedikit setelah menjalani sesi pijat selama enam minggu. Meski begitu, metode ini bisa dibilang akan menghabiskan biaya yang tidak sedikit.

Meditasi
Salah satu cara untuk memperoleh manfaat penurun stres secara cuma-cuma adalah praktik meditasi, kata Mauskop yang menjadikan metode ini sebagai salah satu dari dua pengobatan migrain alami teratas.

Mungkin tak ada bukti yang kuat bahwa meditasi secara khusus dapat mengatasi nyeri kepala tetapi metode ini terbukti mampu meredakan stres.

Minum Lebih Banyak Air
Hal ini karena sebagian jenis sakit kepala dipicu oleh dehidrasi. Mauskop pun pernah menemukan beberapa pasiennya sesegera mungkin meminum segelas air ketika merasakan migrainnya akan datang dan saat itu juga nyerinya hilang. "Mereka tahu jika segera meminum air maka hal itu benar-benar dapat membantu mengatasi nyeri atau bahkan mencegahnya," ujar Mauskop.

Akupunktur
Ada berbagai riset yang pro dan kontra terkait manfaat pengobatan China kuno terhadap migrain.

Para pendukungnya mempertahankan argumen dengan mengatakan bahwa jarum-jarum yang dipakai dalam akupunktur tersebut memicu senyawa-senyawa kimia pereda nyeri dalam tubuh, namun akupunktur dianggap terlalu banyak makan waktu dan mahal, kata Mauskop.

Alternatifnya mungkin akupresur, lanjut Mauskop. Coba tekanlah ruang berselaput antara ibu jari dan jari telunjuk. Mungkin manfaatnya hanya terasa dalam waktu singkat, tetapi hal ini bisa membantu meredakan nyeri.

Kafein
"Kafein adalah pedang bermata dua," kata Mauskop. Jika Anda terlalu bergantung pada beberapa cangkir kopi dalam sehari (atau dosis pengobatan sakit kepala tertentu yang diformulasikan dengan kafein) maka Anda akan cenderung mengalami sakit kepala jika dosis kopinya dikurangi. Namun kafein dalam dosis kecil bisa cukup membantu mengurangi nyeri migrain.

Olahraga Teratur
Bersamaan dengan meditasi, Mauskop memasukkan aktivitas rutin ini sebagai salah satu cara paling efektif untuk mencegah dan mengobati migrain. Namun sejumlah orang mengaku ketika migrainnya terasa akan datang, jogging bisa membantunya menghindari migrain. "Hal ini membuat Anda relaks karena melepaskan endorfin," terangnya.

Tahun lalu, sebuah studi kecil dari Swedia juga berupaya untuk mencari tahu hanya seberapa besar manfaat olahraga dalam mencegah migrain dan menemukan bahwa olahraga itu sama efektifnya dengan pengobatan migrain, terutama dalam hal mengatasi nyeri pada kepala yang terasa melemahkan.

Pendinginan dan Pemanasan
Banyak penderita migrain yang mengeluhkan merinding ketika mengalami migrain sementara pada saat yang sama kepalanya terasa 'panas dan keruh' kata Mauskop.

Untuk mengatasinya, cobalah dinginkan kepala Anda dengan kompres es sambil menghangatkan tubuh di kamar mandi, saran Mauskop. Memang metode ini sangat tidak praktis kecuali Anda berada di rumah dan memiliki banyak waktu, tetapi dilatasi pembuluh darah dalam tubuh dapat membantu aliran darah dari kepala dan meredakan nyerinya.






Digg Twitter Facebook
Home