Yang Membuat Orang Gampang Sakit Saat Bekerja

Jalan Sutra- Bekerja keras untuk cari uang tidak berarti harus mengorbankan kesehatan. Beberapa kebiasaan saat sedang bekerja, atau juga tuntutan pekerjaan kadang menghadapkan para karyawan dengan pilihan sulit: rela sakit, atau tidak dapat duit.

Untuk meminimalkan risiko saat bekerja, ada baiknya memberi perhatian lebih pada beberapa penyebab sakit di tempat kerja sebagai berikut seperti dikutip dari US-News.

Alas kaki
Beberapa jenis pekerjaan mengharuskan seseorang untuk berpenampilan menarik, misalnya dengan selalu mengenakan high heel atau sepatu hak tinggi. Banyak risiko kesehatan akibat keseringan memakai alas kaki tersebut, misalnya kesleo, jatuh, varises hingga gangguan saraf.

Nglaju
Jarak antara rumah dengan tempat kerja yang terlalu jauh kadang mengharuskan seseorang untuk nglaju atau bolak-balik setiap hari. Selama menempuh perjalanan jauh, seseorang cenderung tidak banyak bergerak sehingga rentan kegemukan, sakit jantung dan diabetes. Kecuali nglajunya jalan kaki atau naik sepeda.

Lembur
Kerja lembur hingga malam hari tidak cuma menyebabkan kelelahan fisik dan mental, tetapi bisa menjadi faktor risiko berbagai penyakit. Pekerja malam diketahui lebih rentan terhadap beberapa jenis kanker seperti kanker payudara, juga lebih rentan gemuk dan kena diabetes.

Tidak sempat sarapan
Melewatkan waktu sarapan tidak akan bikin seseorang jadi cepat langsing seperti yang dipikirkan banyak orang. Bahkan sebaliknya, jarang sarapan sering memicu balas dendam saat makan siang atau malam sehingga malah lebih rentan mengalami kegemukan.

Makan siang sembarangan
Tidak ada yang menjamin jajanan di sekitar tempat adalah jajanan sehat. Minyak yang dipakai ulang, garam berlebihan dan penjual yang tidak cuci tangan saat mengambil makanan bisa menjadi sumber penyakit. Solusi terbaik adalah, bawa bekal dari rumah.

Ngemil di meja kerja
Ketika punyaa banyak cemilan, seseorang cenderung lebih betah berlama-lama di meja kerja sehingga aktivitas fisiknya berkurang karena jarang beranjak. Belum lagi karena sambil asyik bekerja, cemilan kadang tidak bisa berhenti dan tanpa disadari porsinya sudah melebihi makan siang.

Posisi duduk
Nyeri leher, punggung pegal-pegal dan kesemutan dikaki dan tangan sering dipicu oleh posisis duduk yang kurang ideal. Wajar karena ketika sedang stres, salah satu cara untuk menenangkan diri adalah dengan bereksperimen mencari posisi duduk yang nyaman meski kadang tidak sehat. usahakan saat duduk, punggung selalu tegak.








Digg Twitter Facebook
Home