Ternyata Mimpi Bisa Bantu Proses Belajar


Para peneliti mengatakan tidur setelah belajar hal baru bisa membantu kita menanamkan informasi itu ke memori otak selama kita bermimpi saat tidur. Mereka menyimpulkan bahwa orang yang memimpikan satu tugas baru tampil lebih baik saat bangun dibanding mereka yang tidak tidur atau tidur tapi tidak bermimpi.


Sukarelawan diminta mempelajari susunan jalan berliku 3 dimensi versi komputer agar bisa menemukan jalan keluarnya beberapa jam kemudian. Mereka yang diijinkan tidur dan ingat memimpikan tugas itu, berhasil menemukan jalan keluar dalam waktu yang lebih cepat.

Para peneliti berpendapat bahwa mimpi merupakan tanda bahwa bagian tidak sadar dari otak bekerja keras untuk memproses informasi tugas itu.


Dr Robert Stickgold dari Sekolah Kedokteran Harvard, yang merupakan salah satu penulis penelitian ini, mengatakan mimpi kemungkinan merupakan satu pertanda bahwa otak memikirkan masalah yang sama dalam berbagai tingkat.

Dia mengatakan, "Mimpi bisa menggambarkan upaya otak menemukan hubungan bagi memori yang bisa lebih berguna di masa datang."

Ilmuwan penelitian ini yang lain, Dr Erin Wamsley mengatakan penelitian ini memperlihatkan bahwa otak tak sadar manusia bekerja pada hal yang dianggap paling penting. "Kita setiap hari mengumpulkan dan menemukan informasi dalam jumlah besar dan juga pengalaman baru," ujarnya. "Tampaknya mimpi" kita mengajukan pertanyaan, "Bagaimana saya mempergunakan informasi ini untuk membantu hidup saya?"

Penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Cell Biology ini bisa dipraktekkan secara nyata.

Para ilmuwan mengatakan kemungkinan ada jalan untuk mengambil keuntungan fenomena ini guna meningkatkan daya belajar dan juga memori. Contohnya, anak sekolah mungkin lebih baik belajar keras sebelum tidur, atau tidur siang setelah belajar di siang hari.

Digg Twitter Facebook
Home