Tip Untuk Lelapkan Tidurmu


Setelah lelah beraktivitas seharian, tidur adalah obat paling manjur mengatasi rasa lelah. Namun pernahkan Anda merasakan, bukannya badan segar setelah beristirahat melainkan badan terasa sakit semua? Hal ini terjadi karena posisi tidur yang salah. Posisi tidur yang salah dapat menyebabkan nyeri pada leher, punggung, dan bahu. Untuk menghindari hal itu, baiknya Anda perbaiki posisi tidur dengan tata letak bantal yang benar.

Posisi tidur yang benar adalah kunci untuk bisa bangun segar di pagi hari tanpa rasa nyeri atau sakit, jelas Dawn Underwood, DPT, OCS, ahli terapi fisik dari Mayo Clinic. Berikut ini adalah beberapa tips meletakan bantal yang benar saat tidur seperti dilansir Prevention Indonesia baru-baru ini:


Untuk tidur menyamping, letakkan bantal di kepala dan di antara kedua lutut. Selain itu, tambahkan gulungan handuk di bawah pinggang guna meredakan ketegangan pada sendi tulang belakang dan mempertahan kontur normal tulang.

Untuk tidur telentang, letakkan bantal di kepala dan di bawah lutut Anda untuk mempertahankan kontur normal tulang belakang dan membuat lutut kita lebih nyaman. Tambahkan juga gulungan handuk pada punggung di bagian bawah bila diperlukan.

Untuk tidur telungkup, taruh bantal di bawah panggul Anda. Tambahkan gulungan handuk di pergelangan kaki atau dekat mata kaki untuk meredam rasa sakit bagi orang yang mengalami pembengkakan pada bantalan tulang belakang. Untuk yang suka tidur berubah-ubah, perbaiki posisi bantal sesuai petunjuk di atas setiap kali kita terjaga.

Satu bantal saja cukup untuk menyangga kepala dan leher Anda. Bagi yang memiliki kebiasaan tidur telungkup, jangan sekali-kali menyangga kepala dengan bantal. Karena posisi ini akan membuat tulang belakang menjadi tegang.







Digg Twitter Facebook
Home