Awas Aspirin Bisa Berbahaya Bagi Kesehatan Mata

Jalan Sutra- Aspirin, salah satu jenis obat yang banyak digunakan untuk menekan rasa sakit dan nyeri, banyak ditemukan pada obat penghilang sakit kepala bahkan obat-obatan yang berhubungan dengan sistem peredaran darah dan jantung. Walau demikian, aspirin ternyata memberikan efek yang tidak baik untuk kesehatan mata.

Tim dokter dari Netherlands Institute for Neuroscience dan Academic Medical Centre di Amsterdam yang dipimpin oleh Dr Paul de Jong mengumpulkan data kesehatan 4.700 orang selama 65 tahun di Norwegia, Inggris, Perancis, Italia, Spanyol, Yunani, dan Estonia. Sebanyak 839 relawan tersebut ditemukan mengonsumsi aspirin setiap hari dan 39 dari mereka mengalami penyakit mata yang serius (degenerasi makula basah).

Penyakit tersebut biasanya memengaruhi kedua bola mata dan merupakan penyebab hilangnya penglihatan ireversibel. Selain itu, penyakit tersebut paling sering menyerang para wanita. Menurut Dr Paul de Jong, manfaat aspirin masih lebih besar dibandingkan bahaya yang ditimbulkan. Setidaknya, Anda harus sangat cermat pada dosis yang diberikan.

Fakta yang didapat dalam penelitian ini memang belum membuktikan apakah rusaknya kesehatan mata relawan disebabkan oleh aspirin, namun kemungkinan aspirin dapat memperburuk kondisi kesehatan seseorang pernah diterbitkan dalam Opthalmology Journal. Tetapi perlu dicatat bahwa aspirin dapat menjadi pencetus degenerasi makula basah.







Digg Twitter Facebook
Home