Semakin Banyak Teman di Facebook, Memicu Stres semakin Tinggi

Jalan Sutra- Penggunaan jejaring sosial seperti Facebook ternyata dapat berpengaruh pada kesehatan mental Anda. Penelitian menunjukkan bahwa orang menjadi lebih stres dengan banyaknya pertemanan dalam jejaring sosial tersebut.

Sebuah laporan dari Universitas Edinburgh Business School, menunjukkan bahwa lebih banyak pertemanan yang tercipta dari Facebook lebih mungkin juga meningkatkan stres Anda. Menambahkan bos atau orangtua pada pertemanan di Facebook juga mengakibatkan peningkatan rasa cemas, demikian yang dilansir Health24.

Stres muncul ketika para pengguna Facebook menyajikan tampilan mereka sendiri di Facebook dan tampilan tersebut tidak dapat diterima dengan baik oleh teman-teman yang ada pada jejaring sosial tersebut. Misalnya, menunjukkan perilaku dengan berkata-kata kasar, menunjukkan kecerobohan Anda, atau bahkan merokok dan minum-minuman keras.

Ben Marder, salah satu peneliti mengungkapkan, “Facebook sebelumnya bisa Anda gunakan sesuka hati. Anda bebas mengungkapkan segala hal di sana, tetapi saat Anda menambahkan bos atau orangtua ke dalam jaringan pertemanan, di situlah akan timbul perasaan cemas yang dapat memicu stres.”

Digg Twitter Facebook
Home