Cara Gampang Facebook Nampang di Ponsel

Beberapa produsen ponsel kini saling adu fasilitas menyediakan aplikasi baru. Salah satu yang jadi barang jualan adalah aplikasi Facebook. Mereka memang jeli melihat meroketnya jumlah pengguna jaringan tersebut. Sehingga sejumlah ponsel keluaran terbaru telah memiliki aplikasi Facebook. Mereka menyebutnya Facebook Connect. Jadi konsumen tidak perlu lagi menjangkaunya melalui browser meski lebih nyaman jika memakai browser semacam operamini atau ucweb

iPhone: Dari 2.0 ke 3.0

Aplikasi Facebook untuk iPhone bisa diperoleh di App Store atau bias juga didownload lewat situs Facebook. Aplikasi ini sudah dikembangkan dalam beberapa versi, misalnya versi 2.0 sampai 2.2 dan yang akan segera meluncur versi 3.0
Menu-menu yang terdiri atas Newsfeed, Profile, Friends, Inbox, Chat, Request, Events, Photos, dan Pages disusun vertikal dalam tiga deret. Dari tampilan menu pengguna bisa langsung melihat berapa pesan di Inbox dan notifikasi yang akan muncul pada bagian terbawah.
Cara mendapatkan aplikasi ini download dan instal di iPhone lewat Facebook atau App Store. Setelah itu, tinggal mengisi nama akun dan kata kunci. Namun, versi untuk iPhone ini memiliki beberapa kelemahan. Lambat dioperasikan dan bermasalah.

BlackBerry Versi 1.6

Aplikasi terbaru Facebook untuk BlackBerry adalah versi 1.6. Versi ini lebih canggih dibanding sebelumnya karena dilengkapi fungsi sinkronisasi otomatis. Versi ini juga mengubah cara-cara mengakses menu Facebook yang sudah biasa.
Sayangnya, hanya BlackBerry yang memiliki memori 64 megabite dan sistem operasi seri 4.2 atau setelahnya yang dapat memakai versi 1.6. Aplikasi ini juga tidak bisa dijalankan di perangkat yang navigasinya masih berbentuk roda.
Pengguna versi 1.6 dapat pula mengkoneksikan akun Facebook dengan aplikasi BlackBerry Calendar, BlackBerry Message, dan BlackBerry Connect. Jika aplikasi ini diaktifkan, beberapa hal akan dilakukan ponsel BlackBerry Anda:
- Setiap kontak baru ditambahkan di Facebook otomatis masuk ke daftar kontak BlackBerry
- Setiap ada notifikasi baru muncul di Facebook, notifikasi ini akan muncul juga di aplikasi Facebook Message.
- Ketika ada event baru yang dikirimkan ke akun Facebook pengguna, event ini langsung dimasukkan ke daftar Facebook Calendar.

Nokia Symbian

Meski pengguna ponsel Nokia terbesar jumlahnya, sayang, belum banyak aplikasi Facebook pada ponsel ini dan belum banyak pengguna nokia yang memanfaatka fasilitasnya.
- FBook dari MessMo. Versi gratis dari aplikasi ini bisa diperoleh di http://www.nokiasymbianthemes.com/. Aplikasi ini dilengkapi fitur cukup lengkap. Pengguna bisa mengirimkan gambar atau video dan tindakan lainnya langsung dari ponsel. Aplikasinya cukup ringan karena berbasis Java dan tidak menyerap banyak pulsa. Perangkat yang bisa menjalankan aplikasi ini adalah Symbian S60 edisi ketiga dan S40.
- Baru-baru ini Nokia meluncurkan aplikasi resmi. Tampilannya mirip aplikasi Facebook yang dipasangkan pada seri Nokia N97. Aplikasi ini bisa didownload secara gratis via Ovi Store. Hampir semua fitur umum di Facebook bisa dijalankan, termasuk mengunggah foto dan video, membuat album foto, menjadi fan dari Pages, atau menerima notifikasi di ponsel. Namun, aplikasi terbaru ini hanya diperuntukkan bagi ponsel-ponsel Nokia yang berbasis Symbian S60 edisi kelima, seperti Nokia N97 dan Nokia 5800 Xpress Music.

Facebook di Ponsel Android


Yang sudah meluncur sampai saat ini adalah Bloo, aplikasi Facebook yang berjalan di sistem operasi Android. Bloo pertama kali diluncurkan dengan versi 1.3 dan akan diperbaiki dalam versi berikutnya 1.3.1.
Kelebihan aplikasi ini pada kecepatannya. Salah satu fiturnya bahkan memungkinkan pengguna mencari dan menampilkan foto di galeri mereka dengan mudah.
Meski begitu, pengguna Bloo kesulitan jika ingin berpindah dari satu foto ke foto yang lainnya. Juga belum semua fitur pada Facebook bisa dijalankan. Bloo juga tidak gratis. Aplikasi ini bisa didapatkan di Android Market dengan harga US$ 1,49.
Sebelum Bloo, sebenarnya ada fBook besutan Next Mobile Web. Fitur unik yang ada di fBook adalah notifikasi yang dirancang agar bekerja layaknya push-mail. Pengguna bisa mengatur setiap berapa waktu sekali ponsel memeriksa apakah ada notifikasi baru.
Pengguna juga bisa mengatur agar, setiap muncul notifikasi, ponsel mengeluarkan bunyi dering atau bergetar. Kelemahan juga menyertai aplikasi ini. Keluhan yang sering muncul adalah halaman Facebook dengan menggunakan aplikasi ini sering kali ter-sign out dengan sendirinya.

Facebook di Ponsel Java


Untuk pengguna ponsel berbasis java atau jika ponselnya sederhana hanya java dan GPRS gunakan saja browser tambahan seperti operamini yang bias di download gratis di situs opera atau ucweb browser bikinan Negara tirai bambu yang bias didownload gratis di situs ucweb , dan tinggal memasukkkan username serta password account facebook terus berinteraksi dengan teman teman di daftar teman facebook tanpa harus menggunakan komputer.

Digg Twitter Facebook
Home