Merekam panggilan telepon di HP

Untuk merekam panggilan telepon seperti yang dilakukan KPK sebenarnya tidak sulit. Anda hanya membutuhkan perangkat ponsel pintar dan software pendukungnya, namun biasanya pemilik ponsel kurang memahami fasilitas dari ponselnya. Beberapa tipe ponsel bahkan telah dilengkapi fitur tersebut tertanam di firmware ponsel.


Untuk ponsel-ponsel yang didalamnya telah dilengkapi dengan fasilitas perekaman, Anda tinggal menekan tombol Record di menu ponsel saat panggilan berlangsung. Pembicaraan akan langsung terekam dalam format suara AMR, WAV atau format lain yang didukung ponsel.

Kalau kebetulan ponsel tidak dilengkapi dengan fitur recording tertanam di firmware, jangan kuatir, Anda masih bisa meng-instal software tambahan yang bisa memenuhi kebutuhan Anda itu. Salah satu software andal yang patut dicoba ialah Total Recall Call Recorder atau juga SpyCall.

Panjang Rekaman tak Dibatasi
Fitur yang diusung oleh Total Recall Call Recorder antara lain kemampuan menghemat tempat sehingga mengonsumsi sedikit ruang di memori. Kemampuan rekamnya pun tanpa batas. Artinya, selama masih ada ruang kosong di memori, tidak ada batasan waktu maksimum untuk perekaman.

Total Recall Call Recorder juga tidak muncul di Task Manager ataupun mengeluarkan suara-suara “aneh” yang mengakibatkan lawan bicara curiga bahwa pembicaraannya sedang direkam. Anda juga tidak perlu mengaktifkan aplikasi ini secara manual setiap kali ponsel dinyalakan. Sebab, Total Recall Call Recorder bisa aktif secara otomatis setiap kali ponsel dinyalakan.

Hebatnya lagi, dengan jalan menggunakan aplikasi ini Anda dapat merekam otomatis semua panggilan, atau merekam panggilan masuk dan panggilan keluar saja, atau perekaman manual dengan hotkey. Hasil perekaman dapat ditransfer ke PC dengan mudah melalui Bluetooth, inframerah, MMS, e-mail, web bahkan FTP.

Nah, kalau Anda tertarik untuk meng-instal-nya segera saja unduh dari killer mobile dan transfer aplikasi ke perangkat keras via Bluetooth, USB atau media lain. Instalasi otomatis akan mengonfirmasi proses instalasi. Konfirmasikan proses tersebut.

Setelah instalasi selesai, coba jalankan Total Recall Call Recorder. Pada aplikasi ini Anda dapat memulai proses perekamansecara manual atau saat panggilan berlangsung. Untuk menyembunyikan, tekan tombol Hide.

Dalam kondisi aplikasi tersembunyi Anda dapat menggunakan hotkey untuk mengakses fitur-fitur Total Recall Call Recorder. Misalnya Anda ingin merekam panggilan telepon, Anda bisa menekan dan menahan tombol Yes selama beberapa saat untuk memulai proses perekaman atau menghentikannya. Anda juga dapat menahan joystick ke kiri selama beberapa saat untuk pause/resume proses perekaman.

Di menu Settings > General Anda dapat memilih format file audio yang dihasilkan dari proses perekaman. Tersedia opsi AMR dan WAV. Gunakan format AMR jika Anda merekam banyak panggilan telepon agar ruangan yang dihabiskan tidak terlalu besar. Opsi WAV bisa digunakan bila Anda menginginkan kualitas suara yang baik.

Pilihan Perekaman
Opsi Sound Quality bersungsi untuk menentukan kualitas perekaman yang dihasilkan. Tersedia tiga opsi di sana, yaitu Best, Good, dan Low. Seting Best adalah opsi standar yang dapat bekerja di sebagian besar ponsel. Tapi, ada juga lho ponsel yang tidak mendukung opsi ini. Biasanya dampaknya bisa berupa bunyi beep saat merekam atau program hanya merekam beberapa suara selama 2 atau 3 detik saja.

Solusi bagi pengguna yang mengalami masalah di atas bisa mencoba opsi Good dan Low. Opsi Good cocok untuk Nokia 3250, 5500, E50 dan E51. File hasil perekaman yang dihasilkan lebih kecil dibandingkan opsi Best. Sementara perekaman dengan konsumsi ruang terkecil ialah opsi Low. Opsi ini cocok untuk ponsel Nokia 6110, 6120, N76 dan N81.

Setting lain yang tersedia Auto Recording. Ada lima setting tersedia:
- ALL: setting default saat Total Recall Call Recorder diinstal. Opsi ini secara otomatis akan merekam semua panggilan masuk.
- Incoming: secara otomatis akan merekam semua panggilan masuk yang Anda terima.
- Outgoing: akan merekam semua panggilan keluar yang Anda lakukan.
- Manual: ini adalah opsi standar yang biasanya tersedia pada ponsel dengan fitur perekaman terintegrasi. Perekaman dilakukan secara manual dengan menekan tombol start atau stop secara manual melalui menu ataupun hotkey. Bila menu tidak diaktifkan saat panggilan berlangsung, panggilan tidak akan direkam.
- List: akan merekam otomatis panggilan dari dan ke nomor tertentu. Anda dapat menentukan isi List pada jendela utama program. Penentuan nomor bisa dilakukan secara manual (satu nama, satu nomor), dari kontak, ataupun panggilan yang dilakukan dengan private number. Anda juga bisa memasukkan kelompok tertentu ke dalam List. Dengan fitur ini, Anda dapat menghemat ruang penyimpanan karena perekaman hanya dilakukan untuk komunikasi dengan orang-orang tertentu.

Di opsi Save In, Anda dapat memilih di mana Anda ingin menyimpan hasil rekaman. Anda bisa menyimpan di ponsel, galeri ponsel, memori atau galeri memori. Sementara opsi di bawahnya, Ask Before Save akan membuat ponsel menanyakan apakah hasil perekaman ingin disimpan atau tidak di setiap panggilan.

Setting Display Rec. Timer dan Display End of Call Summary akan menampilkan durasi perekaman dan total hasil perekaman jika Anda mengaktifkannya.

Beri Password Agar Aman
Nah, supaya nggak sebarang orang bisa mematikan aplikasi atau mengubah setting di dalamnya Anda dapat mengakses menu password untuk mengunci aplikasi. Nantinya, Anda bisa menekan * diikuti password dari mode standby untuk masuk ke aplikasi.

Setting terakhir yang tersedia adalah setting untuk pengiriman klip hasil rekaman. Anda bisa menggunakan fitur auto send untuk mengirim klik secara otomatis ke e-mail atau MMS setiap kali hasil rekaman selesai dibuat. Anda juga bisa menentukan setting FTP berikut alamat, port, username dan passwordnya jika ingin mengirim klip rekaman ke server FTP di Internet. Tersedia pula opsi untuk mengunduh ke server via protokol HTTP.

Namun ingat, opsi pengiriman via MMS, e-mail, FTP atau HTTP ini akan dikenai biaya penggunaan akses data GPRS/3G/HSDPA oleh operator seluler Anda.

Sumber: Berbagai media

Nama File: Tra.sis.zip ambil saja di (Total Recall Call Recorder )
Ukuran File: 982 KB
Publisher: Killer Mobile Software
Sistem operasi: Symbian (LG KT610, Nokia 3250, 5320 XpressMusic, 5500, 5700, 6110 Navigator, 6120c, 6121 classic, 6210 Navigator, 6220 Classic, 6290, E50, E51, E60, E61, E61i, E62, E63, E65, E66, E70, E71, E90, N71, N73, N75, N76, N77, N78, N79, N80-1, N81, N81 8GB, N82, N85, N91, N92, N93, N93i, N95, N95 8GB, N96, Samsung i8510 INNOV8, SGH G810, SGH i550, SGH i560).

Semoga Berguna

Digg Twitter Facebook
Home