Meditasi Tingkatkan Kekuatan Mental

Latihan meditasi diklaim dapat meningkatkan kekuatan mental dan membuat seseorang lebih bisa mengatur emosi.

Dalam studi terhadap para partisipan yang terdiri dari sekumpulan tentara AS, diketahui bahwa dengan jalan latihan meditasi yang mereka lakukan mampu meningkatkan mood atau suasana hati para tentara yang tengah bersiap menghadapi Irak.



"Bermeditasi juga terbukti dapat meningkatkan kemampuan mengingat yang memungkinkan seseorang melakukan serangkaian tugas kompleks," kata Amishi Jha dari University of Pennsylvani

Amishi melibatkan 48 orang anggota marinir AS yang akan berperang dengan Irak. Selama delapan minggu sebelum penyerangan, 31 orang partisipan yang berada di kelompok pertama menghabiskan waktu selama dua jam mengikuti kelas meditasi setiap minggunya.

Bentuk latihan meliputi fokus dalam pengaturan pernafasan dan sesi meditasi. Selama pelatihan, partisipan diminta menjawab pertanyaan mengenai suasana hati mereka dan mengerjakan tes matematika dan kemampuan daya ingat.

"Hasil dari penelitian ini mendukung ide bahwa latihan meditasi memiliki dampak positif bagi kekuatan mental. Anda tak hanya diharuskan mempelajarinya tetapi juga harus mempraktekkannya," terang Amishi.

Sayangnya, Amishi tidak menjelaskan secara rinci seberapa efektif latihan meditasi dapat mengubah suasana hati dan ketahanan mental seseorang. Dia menyebutkan, diperlukan lebih banyak studi untuk menyatakan efektifitas latihan meditasi terhadap kondisi kejiwaan seseorang, yang harus dilakukan pada lingkup penelitian dengan jumlah partisipan lebih banyak.







Digg Twitter Facebook
Home