Kopi Tangkal Kanker Kepala dan Leher


Penelitian baru-baru ini menemukan, kopi dapat melindungi diri Anda terhadap kanker kepala dan leher. Para ilmuan itu menganalisis sembilan penelitian yang dikumpulkan konsorsium Epidemiologi Kanker Kepala dan Leher Internasional.

Setelah dianalisis, mereka menemukan orang yang mengkonsumsi kopi empat cangkir atau lebih dalam sehari, 39 persen lebih rendah terkena kanker mulut dan tenggorokan, daripada orang yang tidak mengonsumsi kopi. "Sejak kopi banyak dikonsumsi, tingkat kelangsungan hidup yang rendahkarena kanker menjadi relatif tinggi. Hasil penelitian kami memiliki implikasi kesehatan masyarakat yang perlu ditangani lebih lanjut," kata kepala peneliti Mia Hashibe, asisten profesor di University of Utah.


"Yang membuat hasil penelitian kami sangat unik adalah kami memiliki ukuran sampel yang sangat besar. Selain itu, kami menggabungkan data melalui banyak penelitian. Kami memiliki statistik yang kuat untuk mendeteksi hubungan antara kanker dan kopi," tambahnya. Hasil dari penelitian tersebut telah diterbitkan dalam edisi terbaru jurnal Epidemiologi Kanker, Biomarker . Pencegahan. Sementara, sejumlah penelitian lainnya juga menunjukkan kopi dapat membantu mencegah kanker kanker prostat dan tumor otak.

Digg Twitter Facebook
Home