Makna Tagisan Bayi Lewat Matanya

Jalan Sutra- Biasanya bayi menangis disebabkan karena banyak faktor, seperti lapar, haus, atau karena sedang merasakan sakit. Para ilmuwan menemukan sinyal atau tanda, yang umum dilakukan bayi saat menangis.

Para peneliti dari University of Valencia, meneliti 20 bayi usia tiga hingga 18 bulan. Mereka mempelajari makna tangisan bayi dan mengamati bagaimana orangtua menanggapinya.

Hasil penelitian pun menunjukkan, bayi yang menangis dengan mata terbuka penyebabnya karena marah atau takut. Sementara, jika bayi menangis dengan mata tertutup, tandanya mereka merasa sakit.

"Menangis adalah sarana utama bagi bayi untuk berkomunikasi dengan meluapkan emosi yang dirasakan negatif. Biasa bayi menangis karena sakit atau takut," kata pemimpin penelitian, Dr Mariano Choliz seperti dikutip dari Telegraph.

Perubahan dinamika menangis pada anak ketika marah, tangisan mereka menjadi kurang intens. Namun, jika sedang merasa sakit atau ketakutan, mereka cenderung akan sering menangis.

Artinya, dengan mendengarkan pola tangisan bayi, orangtua dapat segera menentukan, apa sebenarnya yang terjadi pada si buah hati.

Digg Twitter Facebook
Home