Manfaat Jalan dengan Talanjang Kaki Bagi Kesehatan

Jalan Sutra- Saat keluar rumah, Anda pasti mengenakan alas kaki, baik sandal maupun sepatu. Meskipun alas kaki dianggap sebagai pelindung, tapi sesekali melepaskannya dan membiarkan kaki dalam keadaan telanjang tentu tidak masalah.

Terutama, saat Anda pergi ke pantai atau berjalan-jalan di taman atau rerumputan. Membiarkan kaki dalam keadaan tanpa alas dan pelindung serta merasakan pijakan, ternyata berdampak positif bagi kesehatan tubuh dan pikiran. Ini tujuh hal yang Anda dapatkan jika suka berjalan dengan telanjang kaki

Membersihkan pikiran
Sulit untuk tidak memperhatikan setiap langkah ketika berjalan tanpa alas kaki. Anda harus waspada melangkahkan kaki, karena pasti tidak ingin menginjak benda tajam seperti batu atau duri. Hal ini membantu membersihkan pikiran dan meningkatkan kesadaran Anda agar menjaga fokus dan konsentrasi.

Sama dengan melakukan yoga
Berjalan tanpa alas kaki, seperti dilansir dari Mind and Body Green, memperkuat dan meregangkan otot, tendon dan ligamen pada pergelangan kaki dan betis. Tak hanya itu, juga membantu mencegah cedera lutut dan sakit punggung. Bagi Anda yang punya postur tubuh sedikit bungkuk, harus banyak melakukannya, karena dapat membantu menjaga postur tubuh menjadi tegak, dan memperkuat titik keseimbangan.

Sesi refleksologi gratis
Terdapat titik refleks yang terhubung pada setiap bagian tubuh di kaki. Setiap batu atau kerikil kecil di jalan yang tak sengaja Anda injak dapat membantu merangsang semua titik-titik refleks kecil tersebut. Jika terasa sakit pada awalnya, terutama di daerah tertentu, berarti kaki Anda membutuhkan rangsangan yang hanya bisa didapatkan dengan berjalan tanpa alas kaki.

Menurunkan tingkat depresi dan rasa gelisah
Berjalan di atas rerumputan dapat membantu menurunkan kecemasan dan depresi sebanyak 62 persen. Serta menaikkan tingkat endorphin dalam tubuh, yang membuat Anda merasa lebih nyaman.

Tidur menjadi nyenyak
Berjalan di atas rumput dengan kaki telanjang dipercaya merupakan obat terbaik bagi penderita insomnia. Banyak orang yang berhasil, tak ada salahnya untuk Anda coba.

Membuang racun
Dalam tubuh manusia terdapat sekitar 60 persen air, yang baik untuk menghantarkan listrik. Bumi memiliki muatan ion negatif. Ion negatif telah terbukti dapat membantu proses detoksifikasi, menenangkan, mengurangi peradangan, menyeimbangkan jam internal, siklus hormonal, serta ritme fisiologis.

Cara terbaik untuk mendapatkan beberapa ion negatif melalui kaki Anda adalah melalui air. Sekarang, Anda tahu mengapa berjalan tanpa alas kaki di pantai terasa sangat menyenangkan.

Kenikmatan alami
Bertelanjang kaki keluar rumah tidak hanya melibatkan kaki, namun keseluruhan tubuh dan pikiran. Keduanya menjadi terhubung dengan lingkungan dan alam di sekeliling. Dengan begitu, Anda akan lebih dapat menikmatinya.

Digg Twitter Facebook
Home