Teman Tetapi Musuh

Persaingan di dunia kerja seringkali membuat banyak orang gelap mata. Demi materi, kekuasaan dan jabatan seseorang bisa berubah menjadi orang yang paling jahat di dalam hidupnya. Demikian pula dengan rekan kerja Anda.


Selama ini di depan Anda ia sangat baik kepada Anda. Berpura-pura menjadi sahabat, tetapi ternyata malah menusuk Anda dari belakang.

Ya! Tanpa Anda sadari teman seperti itu memang ada. Bagaimanakah tanda-tandanya?

Teman Anda kerap cemburu dan iri pada Anda
Kecemburuan adalah tanda pertama si rekan kerja itu adalah racun bagi kemajuan karir Anda. Setiap pergerakan Anda akan diawasi dan membuat ia sakit hati. Pada awalnya mungkin ia tak akan melakukan tindakan apa-apa. Namun seiring dengan menumpuknya rasa iri dan cemburu di dalam hati, ia akan menghalalkan semua cara demi menyaingi Anda, dengan cara tak sehat tentunya.

Ia adalah penjilat sejati
Jelas-jelas di depan mata Anda ia membicarakan keburukan seorang rekan kerja lainnya, namun di belakang Anda diam-diam ia berbaik-baik kepadanya.

Hmm... ini adalah ciri kedua bahwa ia adalah racun yang berniat menghancurkan karir Anda. Ia sedang menyusun kerajaan kedengkiannya di belakang Anda.

Ia tak pernah ada untuk Anda
Berulang kali ia meminta Anda menolongnya, namun giliran Anda membutuhkan pertolongannya, ia malah kabur entah ke mana. Dengan berbagai alasan, ia tak mau membantu Anda.

Ciri ketiga ini biasa dilakukan oleh orang-orang yang hanya mengincar materi dan kekuasaan semata melalui jalan pintas.

Ia terlalu sering memuji Anda di depan Anda
Hanya di depan Anda saja ia berulang kali memuji hasil pekerjaan Anda. Di belakang Anda, ia mencaci maki dan mengumpat mengkritik habis hasil kerja Anda. Serasa tak pernah ada yang beres dan ia merasa Anda tak cocok dalam posisi dan tanggung jawab yang Anda pegang.

Ia selalu bertentangan pendapat dengan Anda
Saat meeting ia berusaha untuk menyanggah dan lebih unggul dari Anda. Jika Anda mengungkapkan pendapat Anda pada atasan, maka ia tak pernah mau ketinggalan dan dari matanya terbaca "aku juga bisa kok kayak kamu!"

Anda memanfaatkan satu sama lain
Tipe persahabatan ini adalah yang paling sering ditemukan hampir di setiap perkantoran. Semua saling tendang dan menggeser jabatan demi kekuasaan dan materi semata. Dan karena Anda merasa tak membutuhkan dirinya, pada akhirnya Andapun berlaku sama. Berteman hanya karena jika Anda membutuhkan si dia.

Rekan Anda selalu berusaha menjatuhkan orang lain
Beberapa kali Anda mendapati ia sedang berusaha menjelek-jelekkan dan menjatuhkan rekan lain. Dan hal ini dilakukannya hanya demi uang uang dan uang semata. Hati-hati karena bisa saja korban selanjutnya adalah Anda!

Apakah Anda menemukan sosok rekan seperti yang telah disebutkan tadi? Sebaiknya Anda berhati-hati dan menjauh darinya


Digg Twitter Facebook
Home