Virus PC Smallworm.EVU Bawa Nama SBY

Pencatutan Nama SBY tidak hanya dalam rekaman percakapan dalam persetruan Cicak dan Buaya, nama SBY juga dicatut oleh pembuat virus komputer. SBY disebut 'ga jelas' tapi 'hanya SBY yang jadi harapan negara ini'.


Pesan itu muncul dalam sebuah virus yang dikenal dengan nama W32/Smallworm.EVU, seperti dikemukakan analis antivirus, Adi Saputra dari Vaksincom. Pesan yang mencatut nama SBY muncul pada desktop komputer yang menjadi korban program jahat ini.

Pesan Virus itu:

Soeharto ga di hukum, tomi bebas n SBY(Susah2Berbahaya)...ga jelas!!! akan tetapi hanya SBY yang jadi harapan negara ini ...............untuk saat ini lhox...... Solusi : Untuk Setiap Insan,terutama para pejabat negeri ini jangan terlalu memikirkan diri sendiri............ mulailah memikirkan untuk kebersamaan&gotongRoyong dari yang terdekat Keluarga,Saudara.......n...... tetangga terdekat...... Sorry,Maaf,....Sorry................ Kalau ini hanya Opini saya.......... Sekian n thanks

Selain membuat file berisi pesan aneh itu, sang virus juga akan menimbulkan proses aneh pada sistem yang terinfeksi. Proses aneh itu, tutur Adi, menggunakan nama seperti MSLib32.exe, WINHELP32.exe, RUN32DLL.exe dan MSOffice32.exe.

Uniknya lagi, virus ini juga membuat user account baru pada komputer korban. Account itu lagi-lagi mencatut nama SBY yang dijadikan sebagai username account administrator yang dilindungi dengan password. Dan password-nya adalah 'shadow'.


Gejala lainnya dari infeksi virus ini adalah matinya beberapa fungsi Windows seperti Find/Search dan Regedit (Registry Editor). Virus juga menyembunyikan fungsi Folder Options pada Windows.

Penyebaran virus ini bisa terjadi dengan jalan file sharing pada jaringan serta removable media seperti USB Flash Disk atau kartu memori. Program jahat ini juga menyebarkan banyak file virus di berbagai lokasi dalam hardisk.(Detiknet)






Digg Twitter Facebook
Home