Merubah File Mp3 jadi Wav dengan WinAmp


Bagi pengguna Komputer sepertinya hampir semua sudah mengenal Winamp, yaitu software pemutar file file audio bahkan file video. Winamp punya fitur untuk mengubah-ubah format audio, termasuk mengubah MP3 jadi WAV. Kenapa MP3 malah dijadikan WAV? Buat keperluan edit, kadang kita butuh format WAV.

Nah, bikin WAV dari MP3 hanya perlu sedikit konfigurasi. Begini jalan konfigurasinya:

Konfigurasi
  1. Jalankan Winamp dan keluarkan “Winamp Preferences” dengan menekan tombol [Ctrl] + [P] di keyboard.
  2. Klik [Plug-ins] di menu bagian kanan. Tampillah beberapa plugin yang sudah terbundel bersama Winamp. Ada 2 plugin yang akan kita gunakan, yaitu waveOut output dan Nullsoft Disk Writer plugin.
  3. Pilihlah [waveOut output] dan klik tombol [Configure]. Setelah kotak “waveOut settings” tampil, pilih peranti yang akan digunakan di “Device” lalu beri tanda centang pada [Alt]. Aktifkan “method (slow)” agar saat proses konversi berlangsung suara dapat didengarkan. Simpan pengaturan dan tutup boks ini dengan mengklik tombol [OK].
  4. Berikutnya kita tentukan lokasi penyimpanan file hasil konversi. Klik [Nullsoft Disk Writer] dan klik kembali tombol [Configure]. Pilih lokasi penyimpanan dengan cara mengklik tombol [Output directory]. Aktifkan [Kill null samples at the beginning] agar suara kosong di awal tidak disertakan. Simpan pengaturan dan tutup boks ini dengan mengklik tombol [OK].
  5. Konfigurasi telah selesai dilakukan. Jendela “Winamp Preferences” dapat ditutup. Klik tombol [Close].

Konversi
  1. Masukkan semua file MP3 yang formatnya ingin diubah ke dalam playlist Winamp. Klik tombol [Play] untuk memutar lagu sekaligus memulai proses konversi.
  2. Setelah seluruh file selesai dimainkan, bukalah jendela Windows Explorer. Periksa hasilnya di folder yang telah Anda tentukan.


Digg Twitter Facebook
Home