Hobby Yang Membuat Hidup Lebih Hidup


Selain menyenangkan, aktivitas selingan tersebut menjadi sumber pengetahuan, alat pengasah keterampilan, dan mampu menimbulkan kreativitas baru. Demikian dijelaskan Winarni Wilman D. Mansoer, psikolog pengembangan kepribadian dari Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, belum lama berselang.

Bonusnya lagi, menjalani sebuah hobi bukan sekadar baik untuk mental saja, melainkan juga memiliki dampak yang menakjubkan bagi kesehatan Anda. Berikut empat hobi yang dimaksud:


1. Membaca

Saatnya para pencinta buku bisa bergembira. Selain akan memberikan pelbagai informasi dan memperluas wawasan, hobi yang satu ini bisa meningkatkan rasa percaya diri, serta mampu menghindari Anda dari risiko dementia atau kepikunan hingga 63 persen. Demikianlah yang dipaparkan dalam New England Journal of Medicine Study. Bukan itu saja, Profesor Louis Appleby CBE, National Director Mental Health di Inggris, mengungkapkan dengan membaca majalah atau buku favorit, Anda juga akan secara otomatis mampu meningkatkan semangat, menyegarkan pikiran, dan mengasah rasa empati kepada orang lain.

Tips: Usahakan untuk selalu menyediakan satu bacaan, seperti majalah Prevention, surat kabar, atau buku di rumah atau di tas Anda. Trik ini cukup ampuh untuk mengatasi rasa bosan ketika Anda diharuskan menunggu seseorang. Bagi yang suka mengoleksi buku, sampul dan simpanlah koleksi buku-buku dengan rapi dan berurutan agar mudah ditemukan.

2. Berkebun

Nyaman dengan kegiatan memotong rumput, memangkas tanaman, merapikan pot, memberi pupuk, dan menyiram tanaman? Jika benar, selain mendukung gerakan "go green", hobi berkebun mampu memberikan dampak yang sama dengan olahraga. Yaitu membakar kalori, menurunkan tekanan darah, mengurangi kadar gula, serta menurunkan risiko diabetes dan hipertensi. "Menariknya lagi, kegiatan berkebun juga dapat membuat artritis jarang kambuh," kata Shanon Mescher, Wakil Direktur Arthritis Foundation. Mengapa hal itu bisa terjadi? Sebab, dengan berkebun Anda akan terbiasa dengan namanya perubahan suhu dari panas ke dingin, yang sering menjadi pemicu kambuhnya gejala artritis.

Tips: Pilihlah perkakas berkebun yang ringan yang memudahkan Anda untuk menopang, menggenggam, dan mengangkatnya. Gunakanlah gerobak sorong kecil untuk membawa peralatan berkebun atau untuk mengangkut rumput-rumput liar. Tidak memiliki pekarangan yang luas? Salurkan hobi berkebun Anda dengan menanam tanaman hias dalam pot di teras rumah.

3. Menyanyi

Tidak hanya memberikan keceriaan semata, kehadiran musik juga dapat meredakan nyeri kronis, meningkatkan rasa percaya diri, membantu memulihkan ingatan penderita alzheimer, melepaskan stres, mengatasi kegagapan, dan mempercepat proses penyembuhan pasien stroke. Penelitian dari University of Frankfurt di Jerman juga membuktikan kelompok relawan yang ikut bernyanyi dalam pementasan, memiliki daya tahan tubuh terhadap penyakit lebih baik dan mampu meredakan stres.

Tips: Jangan hanya sekadar mendengarkan musik, tapi ikutlah bernyanyi. Buatlah acara karaoke bersama keluarga atau rekan sekerja di sela-sela kesibukan harian Anda. Tidak perlu malu dengan suara yang pas-pasan, ekspresikan diri sebebas-bebasnya. Selain itu, pilihlah lagu-lagu bernada ceria yang akan membuat anda menjadi lebih bersemangat.

4. Memasak

Ternyata memiliki hobi "bereksperimen" di dapur akan melatih Anda menjadi orang yang lebih tertib dan kreatif. Sebab, dalam hal memasak, Anda dituntut untuk bisa memutuskan hidangan apa yang hendak Anda masak, mempertimbangkan waktu yang diperlukan serta bahan-bahan apa saja yang dibutuhkan. Tidak hanya itu, agar proses masak-memasak berjalan lebih mudah dan lancar, Anda harus menyiapkan perkakas serta bahan-bahan terlebih dahulu. Dan dilanjutkan dengan menuruti urutan tata cara yang tepat. Hobi ini juga akan merangsang kreativitas Anda. Biasanya, dari satu resep, Anda akan mampu memodifikasikannya ke dalam menu-menu dan tata penyajian yang baru.

Tips: Gunakan perkakas dapur yang bisa mempermudah kerja Anda, seperti blender dan alat presto. Demi kesehatan seluruh anggota keluarga, pastikan Anda selalu menjaga kebersihan peralatan dan dapur yang telah digunakan. Lalu, perluas wawasan dunia memasak Anda dengan membaca buku resep, serta kumpulkan resep-resep favorit dengan rapi dalam satu folder.

Nah, siapa bilang mencapai sebuah kata sehat itu sulit dan tidak enak? Mari dulang kesehatan yang lebih baik dengan melakukan hal-hal yang Anda sukai, satu di antaranya melalui hobi.

Digg Twitter Facebook
Home