Tip Meningkatkan EQ


Setiap orang mempunyai tingkat emosional yang berbeda-beda. Namun nyatanya, emosi yang kadang tak bisa dikendalikan itu bisa dikelola dengan baik.

Nah, bagaimana caranya mendapatkan kecerdasan emosional, berikut cara yang bisa ditempuh.

1. Bagaimana reaksi Anda dalam menilai seseorang? Apakah Anda membuat penilaian dengan cepat, penuh dugaan stereotip atau berhatihati? Saat Anda hendak menilai seseorang, cobalah tempatkan diri Anda di posisi orang yang akan Anda nilai dan bagaimana perasaannya dengan penilaian Anda. Maka, cobalah untuk lebih berpikiran terbuka dan dengarkan orang tersebut sebelum Anda membuat penilaian tentang dirinya.



2. Bagaimana cara Anda berinteraksi di lingkungan kerja? Apakah Anda selalu ingin jadi pusat perhatian? Sadarilah bahwa ada orang lain yang juga ingin tampil di lingkungan kerja. Karena itu, beri kesempatan pada mereka, maka mereka akan senang bekerja sama dengan Anda.

3. Bagaimana reaksi Anda terhadap stres? Apakah Anda selalu marah setiap ada kejadian yang tak sesuai dengan harapan Anda? Coba kendalikan diri Anda dan fokus pada penyelesaian masalahnya.

4. Apakah Anda orang yang bertanggung jawab? Orang yang cerdas emosinya ialah orang yang selalu bertanggung jawab atas apa yang telah dilakukannya. Jika Anda menyakiti seseorang, maka mintalah maaf. Hargai orang lain. Bisa saja ada orang yang tidak suka jika Anda bertanggung jawab, tapi mereka akan menghargai Anda sebagai orang yang baik.

Digg Twitter Facebook
Home