Mengatasi Nyeri Menstruasi

Jalan Sutra- Meski sudah jadi 'tamu' rutin datang tiap sebulan sekali, namun menstruasi selalu menjadi 'tamu' yang menakutkan bagi wanita. Apalagi jika datang disertai rasa nyeri tak tertahankan.

Sementara banyak yang percaya bahwa tidak ada obat untuk PMS (Menstrual Syndrome Post). Lalu apa yang bisa Anda lakukan untuk bisa mengatasi PMS dan menjadikannya tamu menyenangkan?

Berikut tips seperti dilansir dari Time of india agar PMS tidak membuat Anda stres dan mudah marah.

Gerakkan tubuh anda
Mungkin memang terasa sedikit tak nyaman, di saat Anda sedang merasakan nyeri masih harus bergerak-gerak, kedengarnnya lebih menyenangkan jika berbaring.

Tapi ini bisa membantu, karena dengan berolahraga meningkatkan kenaikan endorfin di otak. Lakukan selama 20-40 menit, 3-4 kali seminggu.

Minum banyak cairan
Selain air putih, mengkonsumsi buah-buahan segar dan sayuran juga bisa dilakukan. Jauhi kafein, alkohol dan gula halus.

Tambahkan suplemen jika Anda juga berdiet
Misalnya, suplemen kalsium membantu meningkatkan suasana hati negatif dengan mempengaruhi sistem endokrin yang memproduksi hormon. Anda juga dapat memiliki magnesium, vitamin B6 dan vitamin E.

Nikmati teknik relaksasi seperti yoga, pijat dan meditasi
Seperti menonton film yang lucu, menelepon seorang teman lama, mendengarkan musik yang menenangkan atau mandi busa dengan air hangat untuk mengurangi iritabilitas Anda.







Digg Twitter Facebook
Home