Buah-buahan Yang Bisa Bikin Gemuk

Jalan Sutra- Buah dikenal sebagai makanan sehat yang tinggi serat. Namun buah-buah tertentu mengandung kadar gula yang tinggi, sehingga sebaiknya harus dihindari oleh penderita diabetes dan orang yang sedang diet.

"Walaupun banyak buah yang manis, tapi tidak semua buah mengandung glukosa," ujar Dr Samuel Oetoro, SpG.K., ahli gizi klinik FKUI-RSCM, seperti dikutip dari detikHealth.

Berikut beberapa buah yang mengandung kadar glukosa tinggi

Duren
Durian paling banyak mengandung karbohidrat, lemak dan protein. Bayangkan saja dalam 100 gram durian terkandung 147 Kkal. Itu artinya ketika seseorang makan 1 kg durian, jumlah kalori yang ia dapatkan 1.470 Kkal atau sudah sebanding dengan porsi makannya selama satu hari.

Pada durian yang memiliki rasa super manis, nilai kalorinya bisa meningkat. Misalnya jenis durian monthong diperkirakan dari 600 gram menghasilkan total kalori sebesar 978 kalori.

Kurma
Kurma kering mengandung kadar gula tertinggi dari buah apapun. Kurma memiliki skor glikemik 103, lebih tinggi dari glukosa murni yang memiliki glikemik 100. Bila Anda sedang diet, cobalah mengganti kurma dengan buah kering lain seperti aprikot kering atau kismis yang memiliki indeks glikemik 50-an.

Nanas
Mungkin tidak mengherankan bila nanas memiliki skor gula darah yang tinggi karena rasanya yang manis. Indeks glikemik nanas adalah 66, yang dianggap tahap moderat (sedang).

Mangga
Meskipun tidak manis seperti nanas, mangga memiliki kadar gula yang cukup tinggi yaitu indeks glikemik 55. 1 cup mangga mengandung 99 kalori, 24,7 gram karbohidrat dan 2,6 gram serat. Karbohidrat tersebut juga termasuk 22,5 gram gula alami, yang terdiri dari 11,5 g sukrosa, 7,7 g fruktosa dan 3,3 g glukosa.

Sawo
Di balik rasanya yang manis, sawo mengandung 83 Kkal (4 persen dari rekomendasi kalori), 19,9 gram karbohidrat (15 persen dari rekomendasi karbohidrat harian).

Anggur
Anggur juga merupakan buah yang tinggi kadar gula. 1 cup anggur bisa mengandung 0,23 gram sukrosa, 10,87 gram glukosa dan 12,28 gram fluktosa.






Digg Twitter Facebook
Home