Kenapa Halloween tidak menggunakan Semangka

Halloween atau Hallowe’en adalah tradisi perayaan malam tanggal 31 Oktober dan terutama dirayakan di Amerika Serikat. Tradisi ini berasal dari Irlandia, dan dibawa oleh orang Irlandia yang beremigrasi ke Amerika Utara. Halloween dirayakan anak-anak dengan memakai kostum seram, dan berkeliling dari pintu ke pintu rumah tetangga meminta permen atau cokelat sambil berkata “Trick or treat!” Ucapan tersebut adalah semacam “ancaman” yang berarti “Beri kami (permen) atau kami jahili.” Di zaman sekarang, anak-anak biasanya tidak lagi menjahili rumah orang yang tidak memberi apa-apa. Sebagian anak-anak masih menjahili rumah orang yang pelit dengan cara menghiasi pohon di depan rumah mereka dengan tisu toilet atau menulisi jendela dengan sabun.


Pesta Halloween sangat identik dengan hiasan labu yang diukir seperti wajah dan diisi lampu atau lilin di dalamnya. Labu ini dikenal dengan nama Jack O’Lantern. Di Amerika Serikat, Jack O’Lantern sering diletakkan di depan pintu masuk rumah sesudah hari gelap. Labu berlampu ini menurut legenda adalah api pemberian Sang Setan akibat perjanjian yang tidak dilakukan Jack dengan Sang Setan ketika hendak mengambil nyawanya. Jack terus berkeliling dengan membawa api yang diletakkan dalam labu dan dibawanya berkelana di dunia manusia hidup hingga ia mendapatkan tempat peristirahatan terakhir karena ditolak masuk ke dalam dunia arwah.

Terlepas dari perayaan halloween dan legenda darinya, si labu sendiri merupakan simbol yang tidak pernah lepas dari halloween. Terutama karena di negara asal halloween sendiri yaitu Amerika, labu sangat mudah dikembangkan untuk yang berukuran besar, dan juga mudah untuk dibentuk karena teksturnya yang kering. Sehingga jika menggunakan Semangka akan kesulitan utuk mencari, seandainyapun mendapatkannya akan sulit untuk mengeringkan, dan semangka juga mudah pecah. Tapi bagaimana jika si labu sendiri yang ingin mendapatkan permen dan cokelat dalam perayaan halloween? Mungkin dia akan meloncat dari satu tempat ke tempat lain seperti SLINGOWEEN.


Digg Twitter Facebook
Home