Makanan Pencegah Stres

Kepenatan berfikir karena bekerja seringkali membuat otak menjadi penuh, sehingga berfikir menjadi kacau atau orang bilang itu adalah stres. Nah Saat Anda mengalami stres tubuh akan terasa pegal, saraf tegang, sakit kepala dan sulit tidur. Jika Anda mengalaminya terus-menerus tentu akan berdampak negatif pada kesehatan fisik, sehingga jalan kehidupan anda terasa menjadi rumit dan mebingungkan. Ada beberapa makanan yang bisa Anda konsumsi untuk mencegah dan mengatasi stres.


- Bayam
Mengonsumsi bayam lima sendok makan per hari bisa memenuhi 40% kebutuhan magnesium tubuh orang dewasa. Menurut Beth Reardon, R.D., kepala penelitian nutrisi di Duke Integrative Medicine di Durham, North Carolina, Amerika Serikat, magnesium adalah mineral yang bisa mengurangi stres pada tubuh dengan menghentikan tekanan darah yang meninggi.

- Jeruk
Orang yang terkena flu, cenderung akan bekerja dalam tekanan dan membuat stres. Hal itu menurut penelitian yang dilakukan oleh peneliti
dari Carnegie Mellon University di Pittsburgh. Untuk itu, jangan biarkan tubuh Anda mudah terkena flu dengan mengonsumsi jeruk secara teratur.

- Cokelat
Cokeat akan membangkitkan rasa santai dalam tubuh dan bisa mengurangi stres. "Cokeat meningkatkan level neurokimia, yaitu bagian dalam otak yang menimbulkan rasa bahagia dan rileks," kata Alan Hirsch, M.D.,kepala "Smell & Taste Treatment Research Foundation" di Chicago, Amerika Serikat seperti VIVAnews kutip dari Shineyahoo.com.

- Ikan
Asam lemak omega 3 pada ikan seperti salmon dan tuna, bisa membuat Anda lebih tenang. Menurut penelitian, seseorang yang mengonsumsi asam lemak sehat, seminggu tiga kali, hormon stresnya akan jauh berkurang.

- Bubur gandum
Untuk sarapan pilihlah bubur gandum. Kandungan vitamin B nya yang tinggi dapat memicu produksi serotonin, yang meningkatkan kerja neurotransmiter pengirim sinyal ke otak. Elisa Zied, R.D., penulis buku Nutrition at Your Fingertips, menganjurkan untuk mengonsumsi gandum setiap hari, agar stres bisa dikurangi.(VivaNews)


Digg Twitter Facebook
Home